Saat mendaftarkan brand ke lembaga yang berwenang, belum tentu pengajuan Anda akan langsung diterima. Bukan hanya karena persoalan syarat, namun ada faktor lain yang bisa menyebabkan gagalnya pengajuan tersebut. Oleh karena itu, ikuti tips mendaftarkan merek agar diterima.

Tips Mendaftarkan Merek

Hal-hal terkait merek sudah diatur dalam UU Nomor 20 tahun 2016 yang menyatakan bahwa merek harus melewati beberapa hal hingga bisa diyatakan lolos. Jika Anda ingin pendaftaran melalui Indonesia trademark registration diterima, maka ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Tidak Mengandung SARA

Kekayaan intelektuan yang dimiliki oleh masyarakat cukup dihargai dalam hukum di Indonesia. Salah satunya hal penting yang tercantum dalam UU Nomor 20 tahun 2016 adalah semua unsur merek dagang yang akan didaftarkan tidak boleh ada yang mengandung SARA.

Contohnya seperti penggunaan nama suku, agama, dan lainnya. Karena jika nama tersebut digunakan sebagai merek dagang, dikhawatirkan akan menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

  1. Menggunakan Bantuan Law Firm

Dalam mengajukan pendaftaran merek dagang, tentu tidak bisa sembarangan dan membutuhkan pengetahuan hukum agar dapat diterima. Salah satu solusi terbaik agar izin merek dagang bisa diterima adalah menggunakan bantuan law firm yang paham terkait hukum merek.

  1. Orisinil

Merek yang didaftarkan harus asli dan orisinal. Artinya tidak ada unsur peniruan dan penjiplakan atas merek dagang milik pihak lain. Sebelum mendaftar, pastikan untuk melakukan cross check terlebih dahulu baik dari segi hak paten, desain industri, hak cipta, dan lainnya.

  1. Bukan Nama Milik Umum

Selain orisiil, nama merek yang diajukan tidak boleh menggunakan nama yang sudah familiar dan lazim di tengah masyarakat. Karena Dirjen KI kemungkinan akan menolak pengajuan daftar nama merek yang sudah umum atau lazim digunakan oleh masyarakat.

  1. Tidak Mengandung Unsur Menyesatkan

Kejujuran sangat dijunjung tinggi di tengah masyarakat. Dalam UU Merek Dagang, disebutkan bawha merek tidak boleh mengandung unsur menyesatkan. Contohnya seperti nama merek yang terlalu berlebihan menyebutkan tentang manfaat dair produk tersebut “Wajah Putih Instan”.

Tips mendaftarkan merek agar diterima seperti yang disebutkan di atas bisa Anda coba pertimbangkan. Sehingga cukup sekali mendaftar, pengajuan bisa langsung diterima.

Comments are closed.