Bisnis kafe termasuk salah satu jenis usaha yang semakin berkembang pesat saat ini. Kafe kini bukan sekedar untuk menyediakan makanan dan minuman, namun juga ajang eksistensi dan gaya hidup masyarakat perkotaan. Agar omset meningkat, maka penting mengatur strategi pemasaran café baru.

Tips Promosi Cafe Baru

Memulai bisnis terkadang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain harus memikirkan bagaimana cara agar cepat laris, yang tidak kalah penting adalah bagaimana strategi untuk tetap bertahan. Berikut ini beberapa strategi promosi yang bisa Anda lakukan untuk kafe baru, di antaranya:

  1. Iklan

Menurut https://bisnisonlinekuy.com/, bahwa bisnis dan iklan adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Bagaimana orang lain akan tahu bisnis atau produk yang Anda jual jika tidak dipromosikan atau diiklankan. Sehingga jika ingin bisnisnya dikenal, maka harus ada budget untuk iklan baik melalui media sosial, televisi, brosur, radio, spanduk, dan lainnya.

  1. Promosi

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara untuk menarik konsumen. Mulai dari membuat konten yang menarik hingga memasang diskon maupun layanan purna jual. Contohnya diskon 10%, beli 1 gratis 1, dan lain sebagainya. Promosi ini dapat membantu meningkatkan omzet penjualan secara otomatis.

Promosi yang paling efektif adalah word of mouth atau dari mulut ke mulut. Ketika ada satu konsumen yang suka dengan kafe tersebut, maka konsumen tersebut tidak akan segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

  1. Membangun Identitas Brand

Identitas brand atau merek yang melekat di benak masyarakat adalah hal penting yang harus Anda pikirkan sebagai salah satu strategi pemasaran. Jika ingin bisnis berkembang lebih luas, maka membangun brand identity harus dilakukan sejak awal.

Mulai dari kemasan, cita rasa menu, interior dan eksterior, live music, dan masih banyak lagi.

  1. Konsep yang Menarik

Dalam merintis bisnis baru, terkadang memang bukan hal yang mudah apalagi jika sudah banyak pesaing di bidang serupa. Oleh karena itu, buatlah konsep yang menarik dan diferensiasi dari bisnis tersebut.

Contohnya seperti fasilitas tambahan berupa Wi-Fi, karaoke, dan lainnya. Bisa juga dengan  menawarkan menu yang lain dan berbeda.

Strategi pemasaran café baru di atas cukup efektif apabila Anda menerapkannya dengan tepat. Namun, jangan lupa untuk menentukan target market terlebih dahulu.

Comments are closed.