Sebagai orang yang tinggal di negara mayoritas muslim, kita perlu memperhatikan kehalalan suatu produk. Sebab, kita tahu sendiri bahwa dengan pesatnya perkembangan zaman dan teknologi, hal ini mendorong akan terciptanya produk-produk baru. Dan dengan banyaknya produk-produk baru, kita harus selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan syariat Islam.

Dalam sudut pandang saya, adanya sertifikat halal menjadi hal paling krusial bagi sebuah produk. Di negara kita sendiri yang menjadi patokan kehalalan sebuah produk ditandai dengan adanya sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Sertifikat halal tersebut dikeluarkan atas dasar audit dan fatwa MUI yang secara tertulis menyatakan kehalalan. Tentu penilaian kehalalan berkaitan dengan syariat Islam. Pemberian sertifikat halal itu biasanya bagi produk obat-obatan, pangan, dan kosmetik, hal ini bertujuan untuk melindungi konsumen muslim agar terhindar dari produk yang tidak halal.

Pencantuman label halal tidak hanya penting bagi para konsumen, tapi juga untuk para produsen. Label halal ini berguna untuk memberikan rasa “aman” bagi konsumen. Dan juga sebagai jaminan bagi mereka bahwa produk tersebut diproduksi dengan cara halal serta beretika.

Untuk produsen sendiri, label halal ini berfungsi dalam membangun kepercayaan terhadap produk. Produk yang bersertifikat halal memiliki daya saing yang tinggi, jika dibandingkan dengan produk yang tidak mencantumkan label halal.

Saya yakin bahwa dengan adanya sertifikasi halal dalam suatu produk, ini akan membuat tenang bagi produsen dan memiliki kepastian bagi konsumen. Untuk lebih detailnya, perhatikan beberapa manfaat sertifikat halal bagi suatu produk.

Manfaat bagi konsumen

  1. Memberikan ketenangan

Untuk produk baru, pasti akan dipertanyakan dulu kehalalannya. Konsumen bakalan waswas ketika belum ada logo halal dalam kemasan produk baru tersebut. Maka dari itu, suatu produk yang dikatakan halal harus disahkan terlebih dahulu oleh LPPOM MUI.

Mengapa harus demikian? Sebab mayoritas masyarakat kita beragama Islam, dan masyarakat kita kebanyakan meyakini bahwa kehalalan merupakan tanda penting agar terlihat aman dikonsumsi maupun digunakan.

  1. Produk menjadi terjamin

Perlu diketahui bahwa agar suatu produk dikatakan halal, prosedurnya ketat. Sehingga, ketika dalam kemasan suatu produk ada logo halalnya, ini akan membuat konsumen yakin bahwa produk tersebut sudah terjamin aman dikonsumsi. Apalagi produk tersebut produk kesehatan.

Manfaat bagi produsen

  1. Produk akan memiliki USP (Unique Selling Point)

Ini adalah konsep pemasaran yang membedakan produk si produsen dengan pesaing lainnya. Nah, dengan mendapatkan sertifikasi halal, sudah pasti produk akan memiliki USP tinggi.

  1. Punya kesempatan meraih pasar halal secara global

Dengan sertifikasi halal ini, suatu produk bisa bersaing untuk mendapatkan kesempatan meraih pasar global.

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Sertifikasi halal dari MUI atau lainnya tentu berguna untuk membangun kepercayaan konsumen. Jadi pastikan produk baru telah mengikuti pembuatan sertifikasi. Sehingga akan memiliki sertifikasi halal resmi dari LPPOM MUI.

GENEROS telah mendapatkan sertifikat halal

Sebagai eks mahasiswa Pendidikan Agama Islam, hal pertama yang saya lihat dari Generos adalah, apakah dalam kemasannya sudah ada logo halal? Itu yang pertama kali terbesit dalam pikiran saya saat diajak kerjasama. Ternyata memang benar ada.

Dan setelah saya telusuri, Generos sudah lulus uji BPOM dan ia terdaftar dI BPOM dengan nomor 193633201. Selain terdaftar di BPOM, Generos juga sudah memiliki sertifikasi halal LPPOM MUI 12120002440519. Untuk membuktikannya generos penipuan atau tidak, silakan cek

di: https://cekbpom.pom.go.id/.

 

Generos sudah tersertifikasi oleh dua lembaga kredibel. Nah, itu membuktikan bahwa proses produksi serta bahan yang digunakan Generos dijamin halal. Artinya, Generos produk yang aman dikonsumsi. Oleh karenanya, kita tidak perlu ragu terhadap Generos karena sudah oke kualitasnya.

Comments are closed.