Bagi penulis, melakukan Cetak Buku Anak memiliki tantangan tersendiri dalam proses pembuatannya. Penulis harus bisa menyesuaikan isi dengan ilustrasi yang pas untuk anak-anak.

Buku merupakan salah satu hal edukatif yang banyak dipilih orang tua untuk anak mereka. Untuk menarik perhatian anak dan orang tuanya, pemilihan cover yang tepat merupakan poin yang harus diperhatikan penulis buku anak.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan penulis buku anak sebelum melakukan Cetak Buku Anak:

  1. Memilih desain dan konsep buku yang sesuai

Memilih desain dan menentukan konsep buku yang sesuai merupakan hal yang sangat krusial bagi penulis buku anak. Desain yang menarik menjadi kunci utama anak-anak untuk melirik buku anda.

Selanjutnya adalah isi buku, setelah anak meunjuk buku mana yang mereka inginkan orang tua akan melihat isi buku tersebut. Apakah sesuai dengan usia sang anak atau tidak, dan adakah pesan-pesan moral yang diinginkan orang tua dalam buku tersebut.

Selain cover dan isi buku, pastikan ilustrasi yang ada dalam buku anak layak untuk dilihat anak-anak.

  1. Menyesuaikan ukuran dengan jenis buku

Dalam mencetak buku anak, ukuran buku juga harus diperhatikan saat mencetak buku anak. Ukuran buku untuk anak-anak berbeda dengan novel, buku non fiksi, buku tulis, dll. Umumnya buku anak dicetak menggunakan ukuran  19,05×19,05 cm, 17,7×25,4 cm, dan 25,4×20,32 cm.

  1. Memilih jenis kertas yang cocok

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah pemilihan kertas yang cocok untuk buku anak. Kertas art paper lebih cocok untuk buku anak-anak karena memiliki permukaan yang mengkilap dan halus dikedua sisinya.

Selain menentukan kertas apa yang akan digunakan dalam mencetak buku anak, pemilihan warna untuk buku anak juga tak kalah penting. Untuk buku anak-anak sebaiknya menggunakan warna-warna yang lembut dan colorfull, penggunaan warna-warna tersebut akan menarik perhatian anak-anak.

  1. Menentukan penerbit tempat cetak buku

Selanjutnya adalah memilih penerbit yang mempunyai program untuk menerbitkan buku anak-anak. Memilih penerbit yang pas juga menjadi hal yang penting untuk mencetak buku anak.

Karena sebagian penerbit biasanya hanya akan fokus terhadap satu jenis buku untuk diterbitkan. Jika sudah menetapkan program buku non fiksi maka mereka akan menolak menerbitkan buku fiksi.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan penulis buku anak sebelum melakukan Cetak Buku Anak. Menulis buku untuk anak-anak memang lebih menantang dibanding buku jenis lainnya. Oleh karena itu penulis harus memperhatikan baik-baik apa yang seharusnya dimasukkan ke dalam buku anak-anak.

Comments are closed.