Ketika ingin membeli suatu produk misalnya shampoo atau sabun, tentu sudah terlintas di dalam benak merek apa yang ingin dibeli. Jika sudah cocok dan berlangganan maka seterusnya mungkin akan menggunakan merek itu. Bagi pemilik bisnis, penting mendaftarkan merek di jasa pendaftaran merek.

Mengapa Jasa Pendaftaran Merek Penting Bagi Bisnis?

Hak merek bukan sekedar identitas dan perlindungan pada merek produk barang atau jasa yang Anda jual. Lebih dari itu, hak merek juga memiliki peran penting lainnya sehingga jika sudah membangun branding atas suatu merek segeralah daftarkan hak merek ke lembaga terkait.

  1. Merek Merupakan Kekayaan Intelektual

Setiap merek produk barang atau jasa yang beredar di pasaran tentu memiliki logo dan penanda yang membedakannya dengan produk lain. Nama usaha, merek, gambar, jenis huruf, warna, dan produk merupakan kekayaan intelektual yang harus mendapatkan perlindungan dan pengakuan.

Itulah mengapa penting sekali mendaftarkan hak merek agar kekayaan intelektual dari bisnis Anda mendapatkan perlindungan yang sah secara hukum. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka bisa mengajukan laporan hukum yang sah dan diakui.

  1. Meminimalisir Plagiat

Ketika ada merek dari suatu produk barang atau jasa yang terkenal dan banyak diminati masyarakat, bukan tidak mungkin akan menjadi sasaran empuk pembajak dan tukang plagiat. Karena mereka ingin mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan nama besar merek tersebut.

Dengan adanya hak merek, maka merek yang telah Anda daftarkan akan mendapatkan perlindungan. Sehingga bisa mengurangi kemungkinan adanya perusahaan atau oknum yang meniru dan mencontek kekayaan intelektual dari produk tersebut. Posisi merek pun menjadi lebih tinggi di atas pesaing dengan bantuan Jasa Pendaftaran Merek.

  1. Mendatangkan Investor

Merek yang sudah terdaftar hak mereknya, tentu akan mendapatkan kredibilitas yang tinggi di masyarakat. Trust atau tingkat kepercayaan dari produk tersebut pun semakin meningkat sehingga berpeluang untuk mendatangkan banyak investor.

Bagaimanapun juga investor yang  ingin menanamkan modalnya di perusahaan orang lain tidak hanya melihat dari laporan keuangannya saja. Namun juga seberapa besar minat masyarakat terhadap merek tersebut.

Mendaftarkan hak merek di jasa pendaftaran merek adalah hal krusial dan penting yang harus Anda lakukan untuk memberikan perlindungan terhadap merek tersebut. Sebelum merek tersebut diakui oleh orang lain, maka segera daftarkan.

Comments are closed.